©2019 by Mejikuhibiniu

PROGRAM KAMI

Komunitas Mejikuhibiniu memberikan belajar tambahan kepada untuk anak-anak di area Cikini dan Gondangdia. yang dibagi menjadi 4 kelas besar: PAUD, SD, SMP, SMA/SMK. Metode dan materi yang kami gunakan tetap mengacu pada kurikulum sekolah yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai pegangan dasar. Akan tetapi penerapannya disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing kelas yang kami sediakan dan tetap melihat kemampuan daya serap anak-anak didik kami. Kegiatan belajar-mengajar kami sendiri terbagi ke dalam empat kelas besar yang diklasifikasikan sesuai dengan usia anak-anak didik kami.

Lebih dari itu, kami paham dan sadar bahwa pendidikan anak-anak didik kami tidak akan pernah bisa terlepas dari peran orang tua mereka di rumah. Sebagai orang tua, mereka juga harus berdaya secara pemikiran dan pengetahuan. Oleh karena itu, kami  turut aktif dalam mengupayakan terselenggaranya kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi orang tua murid sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki.

IMG_8197.JPG
IMG_7944.JPG

PAUD

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Terdiri dari anak-anak berusia BALITA (Bawah Lima Tahun). Bentuk penyelenggaraan pembelajaran  dititikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat estetis, afektif, kognitif, mental, sosial, dan bahasa.

Tujuan diadakannya Kelas PAUD ini tidak lain untuk memberikan bekal kemampuan dasar baca tulis hitung, pengetahuan, keterampilan dasar yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak-anak didik dan bermanfaat untuk mengikuti pendidikan dasar.

SD

SEKOLAH DASAR

Diisi oleh anak-anak berusia 7 - 12 tahun. Pembelajaran fokus pada Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris yang disertai dengan modul-modul terkait pengembangan logika, identitas nasional, pergaulan internasional, teknologi, dan kepemimpinan.

Tujuan yang ingin dicapai melalui Kelas SD ini adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut, serta menanamkan sikap budi pekerti terhadap sesama.

IMG_0647.JPG
IMG_0568.JPG

SMP

SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Rentang usia anak-anak  berkisar antara 13 - 15 tahun. Materi pembelajaran fokus pada Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris yang disertai dengan beragam modul terkait Science  serta pengetahuan sosial dan kepemimpinan.

Tujuan yang ingin dicapai lewat Kelas SMP ini tak lain untuk membantu menyiapkan anak-anak didik mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah, sehingga dapat mengurangi usia putus sekolah dan mampu bersaing secara sehat di jenjang pendidikan berikutnya.

SMA/SMK

SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN

Dihuni oleh anak-anak yang baru menginjak masa remaja, usia16 - 18 tahun. Bahasa Inggris, Komputer (Teknologi), dan Softskillsseperti Public Speaking, organizational scheme, serta Time Management  menjadi fokus utama pembelajaran.


Tujuan yang ingin diraih melalui Kelas SMA adalah terciptanya anak-anak didik yang sadar akan pentingnya penggunaan bahasa asing dan perlunya beradaptasi dengan perkembangan global melalui teknologi supaya kelak membantu mereka dalam merintis karir.

IMG_0386.JPG
IMG_6441.JPG

PERA

PEMBERDAYAAN KEMAMPUAN

Pemberdayaan di sini difokuskan pada pemberian arahan kepada orang tua murid tentang parenting, seperti: pola mendidik dan mengasuh anak, seputar kehidupan berumah tangga, pengenalan pola pengaturan keuangan rumah tangga, dan hal-hal lain yang terkait dengan peran mereka sebagai orang tua. 

Tujuan diadakannya kelas pemberdayaan ini adalah terbentuknya karakter orang tua yang dapat mendidik anak-anak mereka sesuai dengan arahan yang benar dan dapat beradaptasi dengan perubahan zaman.

PEKA

PEMBERDAYAAN KETERAMPILAN

Pemberdayaan yang ditekankan pada pengembangan keterampilan danbakat yang sudah dimiliki oleh orang tua murid, seperti: kelas menjahit sederhana, kelas membatik, kelas memasak, kelas kesenian, kelas bahasa serta hal-hal sejenis yang berkaitan dengan kapasitas yang mereka miliki.

Tujuan hadirnya kelas ini adalah untuk membentuk karakter yang mandiri bagi orang tua murid sehingga kelak diharapkan dapat memanfaatkan potensi dan keterampilan yang mereka miliki untuk bertahan hidup.